Beranda | Artikel
Bantu Bangun Masjid Yukk!
Rabu, 12 Oktober 2016

FORSIM (Forum Studi Islam Mahasiswa) adalah perkumpulan mahasiswa muslim dan alumni beberapa universitas di Yogyakarta di antaranya dariUMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) dan UGM (Universitas Gajah Mada) dan sebagian pemuda muslim yang berdomisili di sekitar kampus UMY.

Alhamdulillah sejak terbentuknya FORSIM telah aktif dalam kegiatan dakwah dan pendidikan Islam untuk mahasiswa dan masyarakat umum. Di antara kegiatan utama FORSIM adalah Program Ma’had Al-Mubarok yang sudah berjalan selama 4 periode (4 tahun) yang menyelenggarakan program kajian-kajian Islam bagi mahasiswa dan masyarakat umum dengan meminjam masjid-masjid di sekitar kampus UMY.

Selain penyelenggaraan program kajian, FORSIM juga mendapatkan amanah dari donatur berupa 3 buah rumah yang dijadikan sebagai wisma muslim untuk membina rekan-rekan mahasiswa dan penimba ilmu agama. FORSIM juga menyelenggarakan daurah atau kajian tematik setiap 3 bulan sekali, kajian wisma, bahasa arab, tahfizh, dan ikut serta menyebarkan buletin dakwah di masjid-masjid setiap pekannya.

Program Ma’had Al-Mubarok dilaksanakan secara rutin setiap akhir pekan dengan meminjam tempat di masjid-masjid sekitar kampus UMY. Materi yang dibahas dalam kajian Ma’had Al-Mubarok adalah tauhid, aqidah, tafsir, hadits, fiqih, dan akhlaq. Materi disampaikan oleh para ustadz di Yogyakarta, di antaranya adalah Ustadz Afifi Abdul Wadud, B.A., Ustadz M. Romelan, Lc., Ustadz Faharuddin, Ustadz Amir as-Soronji, Lc., Ustadz Ahmad Mz, S.S., Ustadz Aris Munandar MPI., dan lain-lain.

Memperhatikan jumlah kegiatan dakwah yang tidak sedikit dan harus senantiasa dijaga dan dikembangkan, FORSIM bermaksud mendirikan sebuah kompleks dakwah terpadu bernama Graha Al-Mubarok yang akan menjadi sebuah pusat pengelolaan kegiatan dakwah untuk mahasiswa dan masyarakat di wilayah Bantul dan sekitarnya.

31_22400_1475677730_780180_f

Alhamdulillah untuk mewujudkan Graha Al-Mubarok tersebut, FORSIM telah menerima sebidang tanah wakaf untuk lokasi masjid dengan luas 400 m2 yang berlokasi di Dusun Donotirto, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dari dua orang warga masyarakat. Proses administrasi pewakafan tanah sedang berjalan. Tanah wakaf tersebut sekarang telah dilakukan perataan serta pembuatan tapak dengan pembiayaan dari hasil pengumpulan donasi.

Program pembangunan Graha Al-Mubarok ini akan diawali dengan pembangunan masjid dan beberapa infrastruktur penunjang. Dana yang dibutuhkan untuk pembangunan masjid ini sebesar Rp.2.500.000.000,00(Dua Milyar Lima Ratus Juta Rupiah). Donasi yang terkumpul sejauh ini sebesar Rp.200.000.000,00 masih jauh dari anggaran yang dibutuhkan. Oleh sebab itu kami ingin mengajak saudara-saudara semuanya untuk berdonasi dalam rangka pembangunan masjid ini.

Info selengkapnya silahkan buka di sini [klik]


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/bantu-bangun-masjid-yukk/